26 Maret 2022 11:33 am

Ibadah yang Satu Ini Menjauhkan Umat Islam dari Kerugian, Ibadah Apakah Itu?

Ibadah yang Satu Ini Menjauhkan Umat Islam dari Kerugian, Ibadah Apakah Itu?
Sahabat Qur’an yang dicintai Allah, maukah sahabat menjalin hubungan perniagaan dengan Allah tanpa kerugian sedikit pun? Maukah amal ibadah sahabat di bayar oleh Allah dengan keuntungan yang berlipat ganda di dunia dan akhirat?

Kalau mau, silahkan sahabat membaca artikel kali ini sampai selesai.

Sahabat, sebenarnya dalam Islam ada banyak sekali jenis ibadah yang bisa kita laksanakan demi mendapatkan pahala dan rahmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Ada ibadah yang bersifat wajib dan ada juga ibadah yang bersifat sunnah.

Namun apakah sahabat tahu kalau ada satu ibadah wajib yang menjamin perniagaan yang luar biasa menguntungkan dengan Allah, dan tak ada kerugian sedikit pun di dalamnya.

Apakah ibadah yang luar biasa itu?

Ibadah tersebut adalah membaca kitab Allah, Al-Qur’an. Rasulullah pernah bersabda tentang hal ini: “Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan alif, laam, miim, satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Ya. Dengan membaca kitab Allah, kita bisa mendapatkan 10 kebaikan per hurufnya. Kita bisa saja membaca satu lembar, dan mendapatkan banyak sekali pahala dari setiap huruf Qur’an yang kita baca. Ustadz Hanan Attaki pernah menjelaskan bahwa kebaikan yang datang dari membaca Al-Qur’an bisa bermacam-macam.

Bisa dalam bentuk kesehatan, rezeki yang banyak dan berkah, jodoh yang baik, atasan yang peduli pada pekerjanya, anak yang berbakti dan masih banyak lagi.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah berfirman tentang membaca Al-Qur’an:

“ Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30) Allah menjamin perdagangan yang tidak akan menjadikan umat Islam rugi dalam perjuangannya membaca kitab Allah.

Tidak hanya itu, banyak sekali manfaat lainnya yang bisa seorang hamba Allah dapatkan dari membaca Al-Qur’an.

Rasulullah juga pernah bersabda tentang manfaat Al-Qur’an di hari kiamat:

“Abu Umamah Al Bahily ra. berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “ Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya ” (HR. Muslim)

Bayangkan saja, dikala banyak orang lain yangg sedang merasakan kengerian yang luar biasa di hari pembalasan kelak, kita umat Islam berkesempatan untuk mendapatkan berbagai syafaat.

Pertolongan pertama tentunya Rahmat dari Allah, kemudian syafaat Rasul. Tidak hanya itu, bahkan Al-Qur’an akan memberi syafaat juga bagi para pembacanya.

Manfaat luar biasa Al-Qur’an tidak hanya sampai disitu. Tidak hanya pahala yang bisa kita dapatkan dari membaca Al-Qur’an sendiri. Ada cara lain untuk mendapatkan pahala Al-Qur’an.

Terkadang orang-orang sibuk dengan urusannya, dan begitu lelah atau kehabisan waktu sehingga sulit menyempatkan diri untuk membaca Al-Qur’an di rumah mereka.

Oleh sebab itu, Allah memberikan cara lain supaya kita bisa mendapatkan pahala membaca Al-Qur’an yang terus mengalir meskipun kita sedang tertidur lelap.

Cara tersebut adalah dengan berwakaf mushaf Al-Qur’an.

Dengan mewakafkan mushaf Al-Qur’an kepada para penghafal Qur’an, insya Allah kita akan terus mendapatkan pahala dari setiap huruf yang dibaca oleh sang pehafal tersebut.

Tidak hanya itu, ketika ia mengajar murid-muridnya di masa depan kelak, dan ilmunya juga di dapat dari mushaf Al-Qur’an yang kita wakafkan, maka pahalanya juga akan mengalir lagi untuk kita.

Di sisi lain, Allah sangatlah cinta kepada hamba-hamba-Nya, sehingga pahala yang didapatkan oleh pewakaf Al-Qur’an tidak mengurangi pahala si penghafal Qur’an sedikit pun.

Namun, jika sahabat Qur’an bingung mau wakaf kemana, sahabat tidak perlu khawatir. Sahabat bisa berwakaf Al-Qur’an ke Pondok Qur’an Al-Furqon.

Insya Allah, mushaf-mushaf Al-Qur’an hasil wakaf sahabat Qur’an akan sampai ke tangan-tangan para penghafal Qur’an di pelosok Indonesia, khususnya di wilayah Jawa.
Blog Post Lainnya
Pondok Qur'an Al furqon
Kami percaya bahwa masa depan bangsa indonesia akan lebih baik jika kita mendidik anak anak sedini mungkin untuk memiliki akhlaqul karimah dan menguasai Al Qur'an

Alamat
Kp Kadu Rt.001/001 Kel.Kadu, Kec.Curug, Kab.Tangerang Banten
pondokquranalfurqon@gmail.com
Social Media
-
@2024 Pondok Qur'an Al Furqon Inc.